5 cara paling tepat Memilih domain


 Memilih dan menentukan nama domain memang bukan sebuah pekerjaan yang mudah. Tidak serta merta kita bisa dengan “tepat” memilih nama domain bagi situs yang akan kita kelola. Istilah tepat di sini memang sengaja saya sampaikan, agar kita tidak terjebak dengan berbagai “trik” dan “tips” lain yang menggunakan “istilah” gampang dan mudah.

Alasannya sederhana saja, karena kata gampang dan mudah sebenarnya ebih identik dengan “asal membuat”. Sama halnya dengan topik langkah sebelum membuat nama domain, tentu apa jadinya jika kita hanya asal-asalan memilih nama domain, yang akibatnya dikemudian hari kita merasa tidak sreg dan suka dengan nama situs yang dimiliki.

5 Cara Paling tepat memilih Domain

Dengan gambaran sederhana itulah, ternyata ada langkah tepat dan benar yang perlu dilakukan sebelum memilih dan memutuskan nama domain sebuah situs atau blog.

Perlu kita fahami bersama, bahwa nama domain sebuah situs atau blog akan menjadi ciri secara umum dari keseluruhan isi bahasan artikelnya. Lihat saja misalkan situs besar di Indonesia, seperti took bagus, detik, kompas dll. Melihat dari nama domainnya saja, kita sedikit banyak akan mengetahui deskripsi dari sits tersebut.

Jadi, bias kita katakana bahwa nama domain itu bersifat unik, mempunyai ciri khas tersendiri.

Melihat fakta tersebut, bias dipastikan bawah seorang blogger akan membuat nama domain sesuai dengan ciri khas keunikan dari apa yang akan ditulis. Sungguh ironi jika ada seorang blogger yang secara asal membuat nama domain. Hal ini memang fakta dan pernah saya lihat sendiri.

Ketika ada beberapa rekan blogger yang berdiskusi dengan Saya, beliau menanyakan beberapa hal terkait factor-faktor apa saja yang bisa mendukung kesuksesan sebuah blog atau situs. Pada saat itu pula, beliau menunjukkan salah satu situs yang ia buat, dan saya diminta memberikan masukan terhadap situs yang telah ia buat. Anehnya:

Study kasus itulah yang menjadikan kami perlu untuk menulis ulasan artikel ini.

5 Hal Penting yang Perlu Dilakukan Sebelum Memilih Nama Domain

Berikut ini ada beberapa hal penting yang perlu dilalakukan sebelum memilih dan menentukan nama domain bagi sebuah situs blog atau website. dan berikut 5 cara paling tepat Memilih domain:
  1.     Nama domain yang sesuai dengan tujuan, topik/kata kunci (keyword) yang akan dibahas
  2.     Nama domain harus unik dan mudah diingat
  3.     Nama domain yang pendek
  4.     Jangan menggunakan tanda hubung (-) minus
  5.     Pemilihan ekstensi yang tepat
  6.     Usahakan jangan menggunakan nama merek brand tertentu


Kelima langkah di atas mungkin menjadi pijakan utama bagi Sobat sebelum memutuskan nama domain.

1. Nama domain yang sesuai dengan tujuan, topik/kata kunci (keyword) yang akan dibahas

Sudah sering kali kita sampaikan, bahwa "tujuan" dalam pembuatan situs menjadi dasar semua pengembangan selanjutnya dalam membangun sebuah blog berkulitas. Kesesuaian antara tujuan dengan nama domain menjadi faktor penting. Kenapa demikian?

    Tujuan ngeblog dengan nama domain mempunyai hubungan erat yang tidak bisa dipisahkan, saling berkesinambungan dan mendukung satu sama lain.

Jika kita berbicara tujuan ngeblog, maka sudah sewajarnya jika hal itu berkesesuaian dengan topik atau kata kunci yang akan dibahas. Contoh sederhananya:

    "Pak A bertujuan membuat toko online merek B. Alangkah baiknya Pak A membuat nama domain yang ada kaitannya dengan merek B yang akan diulas dan dibahas di dalam setiap artikel posting."

Jika yang terjadi tidak demikian, maka orang akan meraa aneh apabila melihat ketidak sesuaian antara topik yang dibahas dengan nama domain. Contoh kasusnya:

    "Pak A membuat situs tips blogging. Namun kenyataannya beliau memilih nama domain www.tokosepatu.com dan artikelnya berisi tips kesehatan".

Jadinya ya kurang SEO dan tidak bagus kedepannya.

2. Nama Domain yang Unik dan Mudah Diingat

Dari melihat dan memahami penjelasan langkah pertama saja, kita akan lebih mudah menerapkan langkah kedua ini. Nama domain hendaknya unik, berciri khas dan mudah diingat. Hal ini disadari atau tidak, akan sangat membantu meningkatkan trafik dari pendatang unik, alami.

Pendatang alami di situs kita salah satunya ya karena telah mengingat isi konten tulisan yang baik, informatif dan memberikan solusi permasalahan. Setelah itu tentu selanjutnya ia akan memikirkan nama domain situs jika ingin membaca artikel yang sama sebelumnya atau sekedar mencari informasi lain yang dianggap terpercaya dari situs yang pernah ia baca.

Misalkan saja www.forumblogindo.com ini. Nama domain ini dipilih karena memang bertujuan untuk komunits para blogger. Para blogger di sini tidak sekedar dari blogspot saja, namun juga dari wordpress. Itu artinya, nama domain ini bersifat unik dan luas namun tetap fokus pada aktivitas blogging.

3. Nama Domain harus Pendek (Jangan Melebihi 3 Suku Kata)
Sebenarnya tidak ada aturan baku dalam menentukan jumlah kata minimal atau maksimal dalam format penulisan nama domain situs blog atau website. Tetapi tidak mungkin juga kan ada orang yang memilih nama domain dengan jumlah yang buanyak huruf.

    Banyak contohnya kok. Misalkan saja situs besar di Indonesia, seperti detik.com, kompas.com, olx.co.id dan lainnya.

Tetapi apakah kita salah bila memilih nama domain yang melebihi satu suku kata seperti contoh di atas?

Tidak juga. Idealnya adalah satu suku kata. Namun kekurangannya, karena memang saat ini perkembangan dunia blogging sudah pesat, akibatnya memilih nama domain yang unik, pendek cuma satu suku kata sangat sulit. Apalagi harus menyesuaikan topik/keyword (kata kunci) yang akan dibahas.

Dari beberapa nasehat dan saran pada Mastah blogger, alangkah lebih baiknya "kalau bisa" satu suku kata saja. Namun jika tidak memungkinkan, maksimal menggunakan tiga suku kata tanpa menyertakan jenis huruf yang sama secara berurutan.

Contonhnya saja seperti yang dilakukan Mas Sugeng, salah seorang master blogger Indonesia yang terkenal dengan desain template dan tips SEO nya. Awalnya nama domainnya adalah www.massugeng.com. Namun akhirnya beliau rubah dengan www.sugeng.id.

Huruf "s" yang secara urut akan sangat tidak efektif dan berakibat fatal. Jika sobat ingatnya www.masugeg.com, maka ya terjadi alamat yang salah dan pasti menyasar pada alamat situs orang lain.

4. Jangan Memilih Nama Domain dengan Tanda Hubung Minus (-)

Dari beberapa masukan dari Mastah juga, penggunaan tanda minus ngendikane bisa dikira spam. Namun seara harfiah, pemilihan nama domain yang menggunakan tanda minus juga dirasa mengurangi sifat ke-unikan dan kekhasannya.

Selain itu, tanda minus juga dapat menambah banyaknya karakter huruf serta akan sulit dihafalkan. Namun demikian, ada juga salah satu situs yang populer dengan menggunakan tanda minus di dalam nama domainnya.

5. Jangan Menggunakan Nama Domain dengan Merk Brand Tertentu

Hal ini sebenarnya tidak begitu kami khususkan dalam pembahasan ini. Namun karena sedikit banyak hal ini juga penting kedepannya, maka sedikit kami sampaikan. Kekhawatiran kami adalah, apabila rekan-rekan suatu saat dituntut dari yang punya merk brand yang sobat gunakan sebagai nama domain kan berbahaya. Alih-alih alasan apapun, nama brand juga termasuk hak cipta, jadi dilindungi Undang-undang.

6. Nama Domain dengan Ekstensi yang Tepat

Yang dimaksud ekstensi di sini adalah nama akhiran yang terletak diakhir nama domain. Sebut saja misalkan www.forumblogindo.com, atau www.forumblogindo.id, atau www.forumblogindo.org dll. Jelas sekali bahwa ketiga contoh tersebut menggunakan nama ekstenti berbeda, yakni .[dot]com; org; dan id.

Banyak sekali kok nama ekstensi sebuah domain. Intinya, nama domain dengan eksetenti khusus tersebut mempunyai ciri khas, aturan, kekurangan dan kelemahan masing-masing. Mau memilih yang mana, silakan sobat pelajari dulu kelebihan dan keurangan berbagai ekstensi domain.
 

Dan Kesimpulan tentang 5 cara paling tepat Memilih domain :

Setelah anda membaca 5 cara paling tepat Memilih domain , Kecermatan dalam memilih dan menentukan nama domain situs blog atau website menjadi hal wajib yang harus dilakukan bagi setiap blogger. Ketika pemenuhan kriteria nama domain yang bagus seseuai dengan kelima kriteria di atas, maka kita hanya perlu melakukan langkah selanjutnya. Yakni pemilihan desain situs dan diteruskan dengan konten yang berkualitas.

Dengan dilaksanakannya faktor penentu rangking blog di Google (search engine), bisa dipastikan hal itu menjadi senjata paling ampuh dalam menuju ketercapaian tujuan ngeblog kita. So, semangat aja njeh.

Demikian sedikit ulasan mengenai 5 cara paling tepat Memilih domain . Untuk mempermudah Sobat dalam menentukan pilihan nama domain dengan biaya murah namun berkualitas, silakan baca artikel kami tentang 25 privider terbaik di Indoneia saat ini. Semoga bermanfa'at. Salam blogger, Good luck selamt mencoba !

Related

Tips Bisnis Online 2187317009481235116

Post a Comment

emo-but-icon

Hot in week

Recent

Comments


Connect Us

Contact Us

Name

Email *

Message *

item